Keragaman Desain Baju Kebaya di Indonesia

Busanamuslimodis.com – Jenis kebaya memang tersedia dalam model dan desain yang sangat beragam. Satu daerah dengan daerah yang lain tentu akan memiliki ragam yang sangat jauh berbeda baik dalam segi warna, model, pilihan bahan, dan bentuk dari kebaya tersebut. Hal ini disebabkan karena kebaya sendiri bukan merupakan busana asli Indonesia. Kebaya sendiri merupakan pengembangan dari baju panjang yang berasal dari china. Desain baju kebaya akan terpengaruh tergantung pada daerah asal yang membesarkannya.

Kebaya sendiri merupakan paduan dengan kain batik yang berupa kain dalam ukuran panjang dan juga sarung. Panjang dari ukuran kebaya sendiri disesuaikan dengan keadaan.


Keragaman Desain Baju Kebaya di Daerah Indonesia

1. Desain Kebaya Khas Jawa Barat

Desain Kebaya Khas Jawa Barat

Desain Kebaya Khas Jawa Barat [blibi.com]

Desain baju kebaya yang terdapat dalam wilayah Sunda ini memiliki model berupa blus pendek, tanpa menggunakan tambahan pada bagian depan. Tidak terdapat leluk pada bagian leher yang biasanya terbuat dari bahan brokat atau bahan sutera yang memiliki warna cerah dan bagian lengannya dibuat agak melebar dibanding kebaya di Jawa Tengah.

2. Desain Kebaya Khas DKI Jakarta

Desain Kebaya Khas DKI Jakarta

Desain Kebaya Khas DKI Jakarta [zimbio.com]

Desain baju kebaya yang dimiliki tumbuh di daerah Jakarta memiliki ciri khas tertentu seperti memiliki warna yang cerah yang juga dipadukan dengan kain batik sarung yang memiliki warna cerah dengan motif pesisiran. Bentuk kebaya Jakarta dipengaruhi dari budaya China yang memunculkan budaya Encim. Pada awalnya kebaya ini dikenakan oleh China peranakan.

3. Desain Kebaya Khas Jawa Tengah

Desain Kebaya Khas Jawa Tengah

Desain Kebaya Khas Jawa Tengah [azamku.com]

Desain baju kebaya Jawa Tengah mengacu pada pemakaian kebaya para wanita di Kraton baik Jogja maupun Surakarta yang menunjukkan status dari pemakainya. Biasanya dikenakan oleh para permaisuri yang memiliki ciri berbahan sutera dan beludru, dengan dihiasi hiasan sulam, sedangkan untuk para putri kebaya yang dikenakan akan mengenakan kebaya yang lebih pendek dengan warna-warna tertentu.

4. Desain Kebaya Khas Solo

Desain Kebaya Khas Solo

Desain Kebaya Khas Solo [soloetnic.com]

Biasanya desain kebaya Solo dipadu dengan kain panjang dari batik kemudian teknik pemakaiannya diwiru pada bagian depan. Apabila kebaya ditujukan untuk anak-anak, busana tersebut dipadukan dengan sabuk wolo.

5. Desain Kebaya Khas Jogja

Desain Kebaya Khas Jogja

Desain Kebaya Khas Jogja [tribunews.com]

Desain baju kebaya Jogja bisa dibedakan dengan kebaya khas solo dengan adanya penambahan kain pada bagian depan (bef) yang biasa disebut dengan kutu baru. Pada awalnya kutu baru dipakai utnuk menempelkan perhiasan para putri.

Bentuk-bentuk kebaya tersebut akan sangat bergantung pada daerah yang sesuai dengan kultur budaya yang membesarkannya. Banyaknya daerah di Indonesia membuat desain baju kebaya menjadi semakin beragam.


Keragaman Desain Baju Kebaya di Indonesia | Dini Rahayu | 4.5