Kebaya Pengantin dan Wujud Kecintaan pada Budaya Indonesia

Busanamuslimodis.com – Mempelai Wanita yang mengenakan kebaya pengantin masih lazim ditemui hingga saat ini. Kecintaan pada budaya bangsa salah satunya diwujudkan melalui penghargaan terhadap busana tradisional. Mengenakan busana tradisional dalam acara perayaaan hari besar kenegaraan maupun saat upacara pernikahan adalah langkah-langkah melestarikan budaya bangsa.

Kebaya adalah busana tradisional khas Indonesia yang dikenakan para wanita. Ribuan suku bangsa di Indonesia memiliki pakaian tradisional sebagai ciri khas masing-masing daerahnya.


Kebaya Pengantin dan Wujud Kecintaan pada Budaya Indonesia

Kebaya Pengantin Modern

Kebaya Pengantin Modern

Kebaya dikenal sebagai pakaian adat di Pulau Jawa. Kebaya tidak hanya dikenal sebagai ciri khas suku Jawa. Suku-suku di pulau Sumatera, Bali dan sebagian Sulawesi memiliki pakaian adat sejenis kebaya.

Enam provinsi di Pulau Jawa memiliki kebaya khasnya tersendiri. Daerah Khusus Ibukota yang mempunyai suku bangsa asli Betawi memiliki kebaya yang disebut Kebaya Encim. Model kebaya pengantin modern ini dipengaruhi budaya Tionghoa yang berbaur dengan pribumi melalui hubungan perdagangan.

Model Kebaya Encim

Model Kebaya Encim [Muslimodis.net]

Provinsi Banten dan Jawa Barat sebagian besar dihuni suku bangsa Sunda. Kebaya ala suku Sunda adalah kebaya brokat putih atau kebaya polos berhias manik-manik dan sulaman dengan kamisol di bagian dalamnya.

Kebaya Pernikahan Putih Polos

Kebaya Pernikahan Putih Polos

Kebaya khas Jawa Tengah dan Yogyakarta memiliki ciri khas terbuat dari kain beludru hitam atau merah tua berhias pita emas di tepi pinggiran baju. Kebaya khas Jawa Timur ditandai dengan bentuk kemben di bagian dada.

Kebaya Pengantin Beludru

Kebaya Pengantin Beludru

Kebaya pengantin lazim dikenakan mempelai wanita saat acara pernikahannya. Kesan sakral terpancar dari busana jenis kebaya. Salah satu desainer kebaya ternama adalah Anne Avantie. Desainer khusus kebaya Anne Avantie tidak hanya tenar di dalam negeri. Adikarya busananya terkenal hingga ke manca negara.

Kebaya Anne Avantie

Kebaya Anne Avantie

Ciri khas kebaya Anne Avantie terletak pada modelnya yang tidak terpaku pada pakem. Cutting kebayanya membentuk siluet tubuh dan hiasan dari bebatuan memberikan kesan elegan dan glamor. Wakil Indonesia dalam acara Miss Universe hampir selalu mengenakan kebaya Anne Avantie.

Seiring perkembangan busana muslimah kebaya pengantin turut menyesuaikan modelnya. Pengantin muslimah yang ingin mengenakan kebaya dapat mengenakan model kebaya yang menjuntai hingga mata kaki, berbahan brokat dengan payet dan bordiran dan di bagian dalamnya mengenakan kain furing agar tidak tampak transparan. Bagian lehernya berbentuk shanghai degnan kerah berdiri. Untuk pengganti konde biasanya mengenakan jilbab model cepol dengan hiasan bunga melati.

Anda sedang merencanakan acara pernikahan dan ingin mengenakan kebaya pengantin? Pilihlah sesuai kepribadian. Melestarikan kebudayaan melalui cara mengenakan pakaian tradisional tidak harus bertentangan dengan busana sesuai syariah. Kebaya yang berasimilasi dengan busana muslim adalah salah satu contohnya.


Kebaya Pengantin dan Wujud Kecintaan pada Budaya Indonesia | Dini Rahayu | 4.5